Bergabung Koalisi, Pengamat: Ada Jatah Kursi Menteri untuk PAN

Editor: Redaksi author photo

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Jerry Massie.

JAKARTA - Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Jerry Massie menilai Partai Amanat Nasional atau PAN akan mendapat jatah menteri di kabinet.


Hal tersebut diungkapnya lantaran Partai berlambang matahari terbit ini secara terbuka menyatakan bergabung ke koalisi pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Dengan bergabungnnya PAN maka otomatis ada kader mereka di pemerintahan," katanya, Jumat (26/8/2021).

Jerry memprediksi, 1 atau 2 kader PAN akan masuk menjadi kabinet. Pasaalnya selama ini jika Parpol berafiliasi dengan pemerintah tetap ada jatah menteri.

"Memang sudan menjadi budaya politik kita. Zulhas, Viva Yogi dan Drajad Wibowo berpotensi masuk kabinet. Namun diantara nama tersebut saya lihat antara Zulhas atau Hatta Rajasa lah yang bisa masuk kabinet," ungkapnya.

Jerry memprediksi, salah satu partai akan ada yang diganti menterinya. Baginya, PAN tidak menjadi masalah mau masuk kabinet atau tidak, yang penting PAN duduk di posisi yang tepat atau right man jangan wrong man.

"Kalau PAN masuk kabinet, bisa saja 1 menteri dan 1 wakil menteri. Berarti PPP harus ditambah 1 lagi biar adil. Bisa Asrul Sani atau Sekjen PPP Arwani Thomafi yang masuk kabinet," ucapnya.

Jika Zulhas masuk lanjutnya, bisa di plot ke Menteri Koperasi, Sosial, MenpanRB atau dia Menteri Kominfo.

"Tinggal racikan Jokowi seperti apa?. Waktu lalu kader PAN di MenPAN-RB bisa saja dikembalikan dan Tjahjo Kumolo ditarik di kementerian lain. Atau bisa saja Menteri Kehutanan," tutupnya.
Share:
Komentar

Berita Terkini