• Kamis, 2 Desember 2021

Jokowi: Indonesia Akan Stop Ekspor Bauksit 2022, Tembaga 2023 dan Timah Pada 2024

- Rabu, 24 November 2021 | 17:41 WIB
Tumpukan blok timah olahan, siap untuk diekspor, terlihat di dalam gudang di Pangkal Pinang, Pulau Bangka, Indonesia, 4 Mei 2021 (REUTERS/Willy Kurniawan/File Photo)
Tumpukan blok timah olahan, siap untuk diekspor, terlihat di dalam gudang di Pangkal Pinang, Pulau Bangka, Indonesia, 4 Mei 2021 (REUTERS/Willy Kurniawan/File Photo)

IDPOST.CO.ID - Indonesia akan menghentikan ekspor biji logam timah pada 2024 sebagai bagian dari upaya untuk menarik investasi ke industri pengolahan sumber daya dan meningkatkan keseimbangan eksternal negara.

Dalam hal ini, Presiden Indonesia Joko Widodo juga menegaskan bahwa pemerintah juga akan menghentikan perizinan ekspor bauksit tahun depan dan biji tembaga pada 2023.

Sebagaimana dilansir IdPost.co.id dari Reuters, kebijakan tersebut dibuat dengan alasan bahwa Indonesia sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara sudah terlalu lama menjual komoditas mentah.

 Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Minta Toilet di Seluruh SPBU Pertamina Harus Gratis!

Baca Juga: Indonesia Memperkenalkan Kebijakan Perdagangan Karbon untuk Mengurangi Penggunaan Emisi

Menurut Jokowi hal itu sangat merugikan negara dengan pendapatan ekspor yang lebih besar dan pekerjaan di industri manufaktur.

Upaya menghentikan ekspor komoditas mentah dan menarik investasi di industri hilir akan meningkatkan neraca perdagangan dan transaksi berjalan Indonesia, katanya, dengan mencontohkan pelarangan ekspor biji nikel untuk menarik investasi manufaktur baterai kendaraan listrik.

"Kita sudah mulai dengan nikel. Mungkin tahun depan kita hitung, ekspor bauksit mungkin kita stop. Tahun depan mungkin bisa stop tembaga, dan tahun depan timah," kata Jokowi dalam pertemuan tahunan Bank sentral dengan pemangku kepentingan keuangan, Rabu 24 November 2021.

 Baca Juga: BNPT Sebut Jaringan Teroris Jamaah Islamiyah Telah Susupi Lembaga-lembaga Keagamaan dan Sipil Indonesia

Halaman:

Editor: Malik Naharul Basyir

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X