• Kamis, 2 Desember 2021

Bank Indonesia Akan Kurangi Likuiditas Secara Bertahap pada Tahun 2022

- Rabu, 24 November 2021 | 18:26 WIB
Oktober 2021 Uang yang beredar tumbuh meningkat (foto ilustrasi Pixabay)
Oktober 2021 Uang yang beredar tumbuh meningkat (foto ilustrasi Pixabay)

IDPOST.CO.ID - Bank Indonesia (BI) berencana akan mengurangi likuiditas perbankan secara bertahap sejalan dengan pemulihan ekonomi nasional yang akan terus bergulir di tahun depan.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan bahwa likuiditas akan dikurangi secara perlahan dan hati-hati, agar tidak mengganggu fungsi intermediasi perbankan.

"Pengurangan likuiditas perbankan akan menjadi langkah pertama BI untuk melonggarkan kebijakan ultra-longgarnya, yang bertujuan membantu ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu menavigasi pandemi COVID-19," kata Warjiyo pada pertemuan tahunan dengan para pemangku kepentingan keuangan, Rabu 24 November 2021

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Akan Stop Ekspor Bauksit 2022, Tembaga 2023 dan Timah Pada 2024

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Minta Toilet di Seluruh SPBU Pertamina Harus Gratis!

Dia menambahkan bahwa hal itu sejalan dengan pernyataan sebelumnya tentang rencana pengetatan kebijakan 2022. Bahkan ketika BI menurunkan prospek ekonomi 2021 setelah pertumbuhan kuartal ketiga mengecewakan.

“Kelebihan likuiditas perbankan yang saat ini sangat besar akan dikurangi secara bertahap dan hati-hati agar tidak mengganggu kemampuan perbankan dalam penyaluran kredit dan pembelian surat berharga negara untuk membiayai APBN,” ujarnya.

Menurutnya, kebijakan suku bunga rendah akan dipertahankan sampai ada indikasi awal kenaikan inflasi. Inflasi tahunan mencapai level tertinggi lima bulan di 1,66 persen pada Oktober tetapi tetap di bawah kisaran target bank sentral 2 persen hingga 4 persen sejak pertengahan 2020.

Baca Juga: BNPT Sebut Jaringan Teroris Jamaah Islamiyah Telah Susupi Lembaga-lembaga Keagamaan dan Sipil Indonesia

Halaman:

Editor: Malik Naharul Basyir

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X