• Senin, 24 Januari 2022

Mengenal dan Cara Mendaftar OSS dengan Mudah

- Rabu, 5 Januari 2022 | 11:22 WIB
Cara mengurus OSS (pixabay)
Cara mengurus OSS (pixabay)

IDPOST.CO.ID - Mengurusi ijin usaha, sekarang ini tidak susah, tak perlu tiba ke kantor pemerintah, dan tidak perlu birokrasi panjang berpindah sana-sini karena telah datang situs sah untuk mengurusi surat ijin pendirian usaha namanya OSS.

OSS sebagai ringkasan dari Online Singgel Submission yakni sebuah basis sah tempat ajukan ijin usaha untuk usaha kecil, menengah, sampai besar.

Pengurusannya berbasiskan online, Anda cukup mengambil program OSS dari Play Toko atau dapat buka situs resminya di mesin pencarian.

Baca Juga: Kehilangan Motor, Begini Cara Klaim Asuransi

OSS Berbasiskan Resiko harus dipakai oleh Aktor Usaha, Kementerian/Instansi, Pemerintahan Wilayah, Administrator Administrasi Ekonomi Khusus (KEK), dan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas (KPBPB).

Penyelenggaraan Hal pemberian izin Usaha Berbasiskan Resiko lewat Mekanisme Online Singgel Submission (OSS) ditata oleh Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja.

OSS mempunyai 3 kelompok khusus rasio usaha yang diberi dengan wujud hal pemberian izin yang lain salah satunya resiko tinggi hal pemberian izin usaha berbentuk ijin, resiko menengah hal pemberian izin usaha berbentuk sertifikat standard, dan resiko rendah cukup registrasi berbentuk nomor induk usaha dari OSS.

Baca Juga: Alasan Furi Harun Koleksi 349 Boneka Aewah

Bidang yang mendapatkan hal pemberian izin mendapatkan Hak Akses OSS meliputi banyak bidang terkecuali pada Bidang keuangan, Energi dan sumber daya mineral, Real estate, Ijin Kantor Perwakilan Perusahaan Asing.

Berdasar Ketentuan Pemerintahan Nomor 5 Tahun 2021 ada 1.702 aktivitas usaha yang terdiri dari 1.349 Kategorisasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang telah diterapkan dalam Mekanisme OSS Berbasiskan Resiko.

Merilis dari upload Kementerian Koperasi dan UKM RI di Instagram, sesudah mendaftar dan mempunyai Hak Akses OSS, Anda akan mendapatkan keringanan dalam soal seperti berikut:

Baca Juga: Jelang Harlah NU ke-96, LPNU Kota Blitar Persiapkan BMT untuk Umat

1.Ajukan permintaan, peralihan, dan pencabutan Hal pemberian izin Usaha Berbasiskan Resiko.

2.Sampaikan Laporan Aktivitas Penanaman Modal.

3.Ajukan permintaan sarana usaha.

4.Sampaikan aduan.

Hal pertama kali yang perlu Anda kerjakan saat akan mendaftarkan Hak Akses di OSS ialah mempersiapkan NIK (Nomor Induk Kependudukan). NPWP (Nomor Induk Wajib Pajak), alamat e-mail aktif, dan nomor handphone yang aktif.

Baca Juga: Pesan Untuk Gus Yahya Saat Sowan di Ciganjur, Nyai Sinta Nuriyah: Nilai Kemanusiaan Gus Dur Harus Diperjuangka

Sesudah mempersiapkan 4 persyaratan di atas, Anda bisa ikuti cara berikut ini.

1. Masuk ke basis OSS, situs sah https://oss.go.id/ atau lewat program.

2. Click ‘Daftar' yang berada pada sudut atas kanan situs.

3. Tentukan Usaha Micro dan Kecil (UMK).

4. Tentukan rasio usaha Anda, orang perorangan atau tubuh usaha.

5. Isi data yang dibutuhkan.

6. Mekanisme OSS akan mengirim code klarifikasi lewat e-mail.

7. Bikinlah sandi da nisi nama komplet.

8. Isi data personal yang disuruh, yakinkan data itu telah diisi secara benar dan tepat.

9. Registrasi juga sukses, OSS akan mengirim perincian account pada e-mail yang tercatat.

Baca Juga: Biodata dan Profil Raychan Adji, Striker Muda Persikabo yang Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

Sesudah sukses mendaftarkan dan membuat account, waktunya log in dan mengurusi hal pemberian izin usaha Anda dengan tekan pilihan ‘Perizinan Usaha', selanjutnya isi data diri yang disuruh.

Editor: Nanang Habibi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X