• Sabtu, 2 Juli 2022

Pelaku UMKM Bisa Ajukan Pinjaman ke Google, Begini Caranya

- Senin, 6 Juni 2022 | 19:13 WIB
Google memberi kontribusi pinjaman sebesar dua juta dolar Amerika Serikat untuk aktor usaha micro, kecil dan menengah atau UMKM di Indonesia lewat partner keuangan micro Nusa Ummat Sejahtera (NUS)
Google memberi kontribusi pinjaman sebesar dua juta dolar Amerika Serikat untuk aktor usaha micro, kecil dan menengah atau UMKM di Indonesia lewat partner keuangan micro Nusa Ummat Sejahtera (NUS)

IDPOST.CO.ID - Google memberi kontribusi pinjaman sebesar dua juta dolar Amerika Serikat untuk aktor usaha micro, kecil dan menengah atau UMKM di Indonesia lewat partner keuangan micro Nusa Ummat Sejahtera (NUS).

Head of Merek and Reputation Pemasaran Google Indonesia Muriel Makarim pada acara Di antara Bercakap Bersama secara online di Jakarta, Senin 6 Juni 2022 menerangkan program itu barusan digelontorkan raksasa mesin perayap itu dan menggerakkan aktor usaha untuk dapat turut mendaftarkan.

"Memang seharusnya melalui proses di NUS, ada perincian periode waktu pinjamannya. Misalkan, pertama pemohon harus daftar jadi anggota NUS dahulu, harus punyai usaha dan fixed penghasilan," ucapnya.

Baca Juga: Shopee Indonesia Buka Kesempatan Magang

Dikutip dari situs website Google Indonesia, diterangkan ada beberapa hal yang perlu jadi perhatian untuk aktor usaha yang berminat untuk ajukan program pendanaan ke Koperasi Taruh Pinjam dan Pendanaan Syariah NUS, yakni:

- Penerima pembiayaan sudah menjadi anggota KSPPS NUS dengan membayar simpanan pokok dan wajib sebesar Rp35.000.
- Memiliki usaha atau fixed income.
- Memiliki jaminan agunan pembiayaan.
- Jangka waktu pembiayaan 36 bulan.
- Margin pembiayaan setara 1,4 persen per bulan.
- Plafon maksimal pembiayaan sebesar Rp200.000.000.
- Biaya administrasi akad dan pencairan pembiayaan 1-2 persen (sesuai biaya pengikatan notaris).

Baca Juga: Sebenarnya Segini Harga Tiket Masuk ke Borobudur, Hanya Rp 50 Ribu

Sesudah lengkapi syarat itu, anggota harus lewat tahapan-tahapan, yaitu:

- Anggota dapat datang langsung ke kantor cabang terdekat NUS untuk kemudian mendapatkan bantuan proses pengajuan dan analisa kelayakan anggota oleh Account Officer dan Branch Manager.
- Setelah dokumen administrasi dilengkapi, Komite Pembiayaan akan memutuskan status pengajuan anggota maksimal tujuan hari kerja.
- Kantor cabang akan menerima Surat Keputusan Komite Pembiayaan yang telah disetujui oleh Komite Pembiayaan untuk selanjutnya dapat dilakukan akad terlebih dahulu dengan anggota.
- Dana dapat dicairkan ke rekening anggota setelah Memo Pencairan Pembiayaan disetujui.

Baca Juga: Pupuk Kaltim Buka Program Magang Apprentice Challenge Batch-VI 2022

"Pemohon bisa juga ke kantor cabang NUS atau cari info selanjutnya di situs Google Website Indonesia, atau ke Youtube Google Indonesia," papar Muriel.

Muriel menambah, di depan Google mengincar semakin banyak aktor UMKM di semua Indonesia untuk dapat memperoleh kontribusi pinjaman itu.

Selainnya memberi kontribusi pinjaman, Google konsentrasi untuk menggerakkan kenaikan ketrampilan digital (digital upskilling) aktor UMKM.

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Binggung dengan Ulah CPNS yang Mundur: Meraka Rugikan Negara

"Di program Grow With Google semenjak 2017 lalu, kami menggerakkan UMKM wanita terutamanya berkaitan upskilling ini, dimulai dari bagaimana membuat e-mail, misalkan . Maka bukan hanya money loan (pinjaman uang) tetapi juga upskilling yang faedahnya periode panjang," kata Muriel.

Editor: Nanang Habibi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Info Loker, Yamaha Musik Cari Operator Produksi

Selasa, 28 Juni 2022 | 14:40 WIB

Shopee Indonesia Buka Kesempatan Berkarir

Jumat, 24 Juni 2022 | 18:43 WIB

Gerakan Ekonomi Hari Raya

Senin, 25 April 2022 | 23:05 WIB

Sasar Generasi Muda, Bank BJB Genjot Digitalisasi

Minggu, 24 April 2022 | 09:38 WIB

Ciri-ciri Kamu Akan Menjadi Orang Kaya

Minggu, 6 Maret 2022 | 12:25 WIB
X