• Kamis, 1 Desember 2022

DKPP Pamekasan Berjanji Bakal Bantu Petani Holtikultura Untuk Mewujudkan Desa Tematik

- Senin, 17 Oktober 2022 | 15:21 WIB
DKPP Kabupaten Pamekasan turun langsung kelokasi tanaman holtikultura di Desa Pasangger Kecamatan Pegantenan  (Yudi)
DKPP Kabupaten Pamekasan turun langsung kelokasi tanaman holtikultura di Desa Pasangger Kecamatan Pegantenan (Yudi)

IDPOST.CO.ID PAMEKASAN- Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur (Jatim) melalui Kepala Bidang (Kabid) produksi pertanian Achmad Suaidi mengatakan salah satu Desa yang konsisten mengembangkan tanaman holtikultura di Kota Gerbang Salam yaitu Desa Pasanggar, Kecamatan Pegantenan.

Sehingga pemerintah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) setempat, berkomitmen memberi bantuan sarana dan prasarana sebagai wujud Desa tematik yang sedang digenjot oleh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan.

Baca Juga: Dapat Informasi 4 Kecamatan Banjir, DPC PKB Blitar Dirikan Bangun Posko Peduli Banjir

"Kalau melihat semangat dari kelompok tani dan dukungan dari Pemerintah desa (Pemdes) untuk pengembangan holtikultura di Desa ini memang perlu kita support," ujarnya pada Idpost.co.id

Ia kemudian menegaskan sebagai bentuk dukungan konkrit, DKPP siap memfasilitasi kebutuhan sarana dan prasarana bagi Desa yang ingin mengembangkan tanaman tersebut.

Baca Juga: KPU Sampang Mulai Tahapan Verfak Kepengurusan dan Keanggotaan Parpol, Begini Kerangkanya

"Kedepan kami akan memetakan daerah yang ingin mengembangkan holtikultura. Sedangkan sarana prasarana yang kami maksud misalnya mesin, benih atau bibit yang diperlukan oleh teman-teman kelompok tani dalam rangka pengembangan holtikultura," tuturnya lagi.

Kemudian ia melanjutkan, sejumlah Desa di Kabupaten Pamekasan yang pernah mengembangkan tanaman holtikultura seperti melon diantaranya Desa Artodung, Kecamatan Galis, di Kecamatan Pakong, dan Desa Larangan Slampar, Kecamatan Tlanakan. Bahkan, tanaman holtikultura lain berupa bawang varietas manjung dikembankan juga pada kawasan Pantura seperti di Kecamatan Batumarmar.

"Varietas manjung ini menjadi andalan kita di tingkat nasional, karena bawang ini bisa ditanam off season (semua musim) dan masih mampu dibudidayakan," tukasnya.

Baca Juga: ODGJ Melahirkan di RPS Sampang, Tak Ada yang Bertanggung Jawab

Halaman:

Editor: Junaidi

Sumber: Yudi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PKL di Sampang Tersekat Dengan Perda

Kamis, 10 November 2022 | 10:43 WIB

Info Loker, Yamaha Musik Cari Operator Produksi

Selasa, 28 Juni 2022 | 14:40 WIB

Shopee Indonesia Buka Kesempatan Berkarir

Jumat, 24 Juni 2022 | 18:43 WIB

Gerakan Ekonomi Hari Raya

Senin, 25 April 2022 | 23:05 WIB

Terpopuler

X