• Kamis, 1 Desember 2022

Tanggapan Gus Baha Mengenai Kontroversi Gus Dur yang berkata 'Selamat Pagi' Sama dengan 'Assalamualaikum'

- Rabu, 20 April 2022 | 09:20 WIB
Wacana kontroversi Gus Dur tentang salam 'Assalamualaikam' sama dengan salam lain. Gus Baha menerangkan hukumnya dalam Islam. (Instagram/gusbahastory)
Wacana kontroversi Gus Dur tentang salam 'Assalamualaikam' sama dengan salam lain. Gus Baha menerangkan hukumnya dalam Islam. (Instagram/gusbahastory)

IDPOST.CO.ID - Gus Baha memberikan sebuah tanggapan mengenai kontroversi yang pernah ada di Indonesia. Kala itu, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pernah memberikan wacana yang berkata jika salam 'Assalamualaikum' sama dengan 'selamat pagi, selamat sore atau selamat malam'.

"Dulu pernah menjadi kontroversi. Kalau menurut Gus Dur 'selamat pagi' sudah sama dengan 'Assalamualaikum'," jelas Gus Baha dikutip dari unggahan video kanal YouTube SANTRI OFFICIAL pada Rabu, 20 April 2022.

Mengenai apa yang pernah disampaikan Gus Dur, Gus Baha menerangkan jika ucapan salam 'Assalamualaikum' ketika bertemu dengan teman atau kerabat, tidak disampaikan juga tidak masalah.

Baca Juga: Gus Baha: Islam Itu Butuh Preman

Sebab, dahulu Nabi Muhammad SAW tidak selalu ketika bertemu dengan sahabat mengucapkan salam 'Assalamualaikum'.

Selain itu, Gus Baha juga mengatakan jika pentingnya belajar dari ulama agar mampu mengetahui mana yang benar dan mana yang salah mengenai suatu hal.

Gus Baha menjelaskan:

Baca Juga: Vanessa Khong dan Sang Ayah Resmi Ditahan, Terancam 5 Tahun Penjara dan Denda 1 Miliar

"Kalau saya punya cara berpikir yang sederhana. Kalau kultur, apa yang dikatakan Gus Dur atau siapa saja itu memang kultur, tidak sunnah Rasul, itu memang ada."

"Kalau sunnah Rasul, ya, fleksibel. Misalnya gini, kalau ulama Mesir jika bertemu temannya tidak pasti memakai salam. Kadang bilang shobah al-khoir, atau masa' al-khoir."

Halaman:

Editor: Nanang Habibi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Agar Terhindar dari Perbuatan Maksiat

Sabtu, 24 September 2022 | 17:56 WIB

Istri Wajib Senyum Apabila Lihat Suami Selingkuh

Senin, 5 September 2022 | 14:07 WIB

Hukum Menikah dari Hasil Perzinaan

Rabu, 27 Juli 2022 | 07:46 WIB

Wajib Tahu, Hukum Mewarnai Rambut Dalam Islam

Senin, 30 Mei 2022 | 13:08 WIB

Gus Baha: Islam Itu Butuh Preman

Rabu, 20 April 2022 | 07:30 WIB

Terpopuler

X