• Kamis, 1 Desember 2022

Wajib Tahu, Hukum Mewarnai Rambut Dalam Islam

- Senin, 30 Mei 2022 | 13:08 WIB
Hukum mewarnai rambut dalam Islam (PIXABAY-StockSnap)
Hukum mewarnai rambut dalam Islam (PIXABAY-StockSnap)

IDPOST.CO.ID - Bagaimana hukum cat atau mewarnai rambut dalam Islam? Apa alasan yang mengulas berkenaan hukum menyemir rambut?

Sekarang, trend mengecat atau memberi warna rambut memang makin bertambah. Beragam merek kosmetik atau hair care berlomba membuat produk bahan warna rambut sama sesuai keperluan.

Tetapi, hukum cat rambut kenyataannya ada banyak dipermasalahkan sampai sekarang ini oleh sama-sama kaum muslim. Lalu, bagaimana penglihatan agama Islam yang sebetulnya pada tindakan itu?

Baca Juga: Tips Atasi Sakit Perut Secara Alami

Hukum cat rambut dalam Islam

Hukum mengecat rambut dalam Islam rupanya dibolehkan atau mubah, bahkan juga saat mempunyai tujuan untuk tutupi uban.

Ini sesuai hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.

إِنَّ الْيَهُودَ وَالنَّصَارَى لَا يَصْبُغُونَ فَخَالِفُوهُمْ

Artinya: "Sebenarnya beberapa orang Yahudi dan Nasrani tidak menyemir uban mereka, karena itu berlainan lah kalian sama mereka." (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Eks Ketum PBNU Said Aqil: Pilih Pemimpin yang Dapat Diterima Semua Pihak

Oleh karenanya, saat uban telah banyak muncul, umat Islam malah disarankan untuk mengecat rambutnya.

Tetapi perlu ditegaskan jika cat rambut yang dipakai tidak dibuat dari beberapa barang najis atau haram. Disamping itu, ada ketentuan untuk mengecat rambut sesuai ketetapan syariat Islam.

Ketetapan itu mengarah pada warna yang dipakai di mana seorang muslim yang mengecat rambutnya tidak dibolehkan memakai warna hitam. Seperti hadits Nabi Muhammad SAW, "bakal ada satu kelompok golongan diakhir jaman, yang mereka menyemir rambutnya dengan warna hitam. Seperti bulu-bulu tembolok merpati. Mereka tidak memperoleh berbau surga. (HR. Abu Daud, No. 4214).

Baca Juga: Kemesraan Billy Syahpura dan Maria Vania Hanya Demi Konten

Dalam hadits lain kisah Imam Muslim dari Jabir Bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dia berbicara, "di saat Fathu Makkah, hadirlah Abu Quhafaah pada kondisi (rambut) kepala dan jenggotnya putih seperti pohon tsaghamah (yang serba putih, baik bunga atau buahnya). Selanjutnya Rasulullah SAW bersabda, "gantilah ini (rambut dan jenggot Abu Quhafah) dengan suatu hal, tapi hindarilah warna hitam". (HR. Imam Muslim, al-Nasa'i, dan Abu Daud).

Rasulullah SAW larang memakai warna hitam saat mengecat rambut karena bisa membuat seseorang terkelabui. Seseorang akan menduga jika orang yang mengecat rambutnya memakai warna hitam itu lebih muda dari usia sebetulnya. Karena itu walau hukum cat rambut dalam Islam dibolehkan atau mubah, Anda harus tetap menghindar pemakaian warna hitam.

Editor: Nanang Habibi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Agar Terhindar dari Perbuatan Maksiat

Sabtu, 24 September 2022 | 17:56 WIB

Istri Wajib Senyum Apabila Lihat Suami Selingkuh

Senin, 5 September 2022 | 14:07 WIB

Hukum Menikah dari Hasil Perzinaan

Rabu, 27 Juli 2022 | 07:46 WIB

Wajib Tahu, Hukum Mewarnai Rambut Dalam Islam

Senin, 30 Mei 2022 | 13:08 WIB

Gus Baha: Islam Itu Butuh Preman

Rabu, 20 April 2022 | 07:30 WIB

Terpopuler

X