• Kamis, 2 Desember 2021

4 Cara Menahan Kebelet BAB yang Sehat

- Minggu, 21 November 2021 | 16:47 WIB
BAB (Buang Air Besar)  (orami.co.id)
BAB (Buang Air Besar) (orami.co.id)

IDPOST.CO.ID- Bila sedang kebelet mau buang air besar (BAB) tetapi malah dihadapkan pada situasi yang tidak memungkinkan, tindakan yang terjadi secara reflek hanya menekan perut dengan kedua tangan.

Hal itu justru sama sekali tidak mengurangi rasa sakit yang terjadi malah tambah sakit, atau pikiran tambah kacau, seakan-akan ingin memarahi orang yang ada disekitar karena tidak kuat dan segera ingin BAB.

Kondisi yang tidak memungkinkan itu biasanya karena masih dalam perjalanan dan jauh dari toilet, atau dimungkinkan toilet belum bisa digunakan karena masih dipakai orang lain.

Baca Juga: Hari ini 17 Provinsi Diprediksi Berpotensi Banjir, Jawa Timur Berstatus Siaga

Mengahadapi kondisi seperti itu orang-orang dulu menyarankan agar menggenggam batu ketika sedang kebelet BAB. Namun sejauh ini belum tau hasilnya seperti apa?

Mengutip dari orami.co.id ada 4 cara menahan BAB yang sehat. Cara ini dimungkinkan dapat membantu menghentikan pelepasan tinja dan membantu mengendurkan pergerakan usus yakni:

Baca Juga: Mengenang Kembali Sosok Pahlawan Nasional Laksamana TNI R.E.Martadinata

1. Meremas bokong

Dengan Meremas bokong ini bertujuan untuk mengkontraksi usus dan menahan BAB. Sebab, untuk menahan BAB perlu mengontrol otot- otot di anus.

2. Berbaring atau berdiri

Halaman:

Editor: Junaidi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X