• Senin, 17 Januari 2022

Awas! 15 Gejala Awal Sakit Ginjal yang Banyak Tidak Disadari Orang, Berikut Penjelasan dr Ema Surya Pertiwi

- Jumat, 7 Januari 2022 | 08:46 WIB
Awas! 15 Gejala Awal Sakit Ginjal yang Banyak Tidak Disadari Orang, Berikut Penjelasan dr. Ema Surya Pertiwi (Pexels/Kindel Media)
Awas! 15 Gejala Awal Sakit Ginjal yang Banyak Tidak Disadari Orang, Berikut Penjelasan dr. Ema Surya Pertiwi (Pexels/Kindel Media)

IDPOST.CO.ID – Berikut penjelasan oleh dr. Ema Surya Pertiwi mengenai gejala sakit ginjal yang banyak tidak disadari orang.

Penderita awal sakit ginjal, kebanyakan tidak menyadari gejala-gejala yang ditimbulkannya. Padahal, sakit yang dianggap sepele bisa jadi merupakan gejala awalnya.

Dikutip idpost.co.id dari unggahan kanal YouTube Emasuperr pada 18 Oktober 2021, dr. Ema Surya Pertiwi menjelaskan setidaknya terdapat 15 gejala awal sakit ginjal yang banyak tidak disadari orang.

Baca Juga: Alasan Makanan Mentah Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil, Menurut dr. Ardiansjah Dara Sjahrudin

GEJALA AWAL SAKIT GINJAL

1. Kelelahan Sepanjang Hari

Dr. Ema Surya Pertiwi menjelaskan jika ginjal yang sehat akan menghasilkan hormon eritropoetin.

Dalam penjelasannya, hormon eritropoetin merupakan hormon yang dapat merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

Apabila ginjal mengalami kerusakan, produksi sel darah merah akan menurun dan berkurang. Akibatnya tubuh kekurangan sel darah merah atau anemia.

Halaman:

Editor: Ahmad Khoirudin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X