• Kamis, 26 Mei 2022

Waspada, Hepatitis Mulai Menyebar di Berbagai Daerah Indonesia

- Kamis, 5 Mei 2022 | 12:55 WIB
hepatitis kronis yang mengakibatkan tiga anak di Jakarta wafat sudah menebar ke beragam wilayah (pixabay)
hepatitis kronis yang mengakibatkan tiga anak di Jakarta wafat sudah menebar ke beragam wilayah (pixabay)

IDPOST.CO.ID - Kasus hepatitis misterius atau hepatitis kronis yang mengakibatkan tiga anak di Jakarta wafat sudah menebar ke beragam wilayah.

Dokter Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Prof. dr. Hanifah Oswari, Sp.A(K)., akui mendapatkan laporan sangkaan kasus hepatitis kronis di beberapa kota.

"Luar kota telah ada sangkaan tambahan kasus, tapi ini masih juga dalam interograsi pakah benar terhitung persyaratan hepatitis kronis berat ataulah bukan . Maka sebenarnya telah ada laporan, tetapi belum diinterograsi selanjutnya," kata dokter Hanifah dalam konferensi pers virtual, Kamis 5 Mei 2022.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 2 Tanda Krusial Hepatitis Paling Umum Pada Anak

Untuk memverifikasi kasus hepatitis kronis itu dibutuhkan pengecekan darah komplet supaya pastikan jika infeksi bukan karena hepatitis tipe A sampai E.

Laporan penemuan kasus baru itu diverifikasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dalam peluang yang serupa, jubir Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmidzi benarkan ada sangkaan kasus baru hepatitis kronis. Tetapi, Nadia tidak ungkap wilayah yang mana sudah melapor.

"Benar ada tambahan jumlah kasus, tapi ini balik lagi belum kasus yang terverifikasi karena ada pengecekan yang perlu kita kerjakan secara pengecekan sekuensing untuk ketahui dengan cara tepat bukan hepatitis A sampai E," sebut Nadia.

Baca Juga: May Day, Puan Maharani: Moment untuk Ciptakan dan Kawal Regulasi yang berpihak kepada para Buruh

Karena itu, Kemenkes sudah memberi surat edarah ke semua Dinas Kesehatan Propinsi sampai tingkat kabupaten/Kota untuk tingkatkan kesiagaan pada penyakit itu dan selekasnya memberikan laporan jika ada sangkaan kasus hepatitis kronis.

Nadia pastikan jika pengokohan di sarana kesehatan karena ada referensi rumah sakit sudah dipersiapkan untuk pengatasan hepatitis kronis yang berat.

"Seperti rumah sakit Sulianti Saroso, termasuk pengecekan laboratorium untuk menegakkan analisis tentu berkaitan pemicu hepatitis kronis berat," ujarnya.

Editor: Nanang Habibi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Langkah Memutihkan Gigi Secara Alami

Jumat, 20 Mei 2022 | 13:44 WIB

Ini Penyebab Jerawat di Jidat atau Dahi

Selasa, 17 Mei 2022 | 19:31 WIB

Lebih Higenis Mana Sabun Batang vs Sabun Cair

Minggu, 15 Mei 2022 | 13:32 WIB

Tes Kepribadian, Kamu Sosok Positif atau Tidak?

Jumat, 13 Mei 2022 | 07:39 WIB
X