• Sabtu, 2 Juli 2022

Lebih Higenis Mana Sabun Batang vs Sabun Cair

- Minggu, 15 Mei 2022 | 13:32 WIB
 Sabun menjadi salah satunya produk pencuci yang kerap dipakai tiap hari, bagus untuk mandi atau membersihkan tangan. Wujud sabun itu biasanya ada yang berwujud cair batangan.
Sabun menjadi salah satunya produk pencuci yang kerap dipakai tiap hari, bagus untuk mandi atau membersihkan tangan. Wujud sabun itu biasanya ada yang berwujud cair batangan.

IDPOST.CO.ID - Sabun menjadi salah satunya produk pencuci yang kerap dipakai tiap hari, bagus untuk mandi atau membersihkan tangan. Wujud sabun itu biasanya ada yang berwujud cair batangan.

Dari sisi keefektifan mematikan kuman, menurut Kepala komite pengendalian dan pencegahan infeksi RSPI Sulianti Saroso dr. Titi Sundari SP.P(K)., ke-2 tipe sabun itu sama bagusnya.

Namun ada kelemahan pada masing-masing tipe sabun yang terkait dengan penggunaan dan penyimpanannya.

Baca Juga: Test Kepribadian dengan Kunci Hp, Anda Pakai Pin, Pola Atau Sidik Jari

"Peranan dari sabun khususnya ialah buka permukaan tangan hingga bisa mempermudah untuk melenyapkan kuman yang menempel," kata dokter Titi dikutip dari suara.com jaringan idpost.co.id.

Secara paket, sabun cair memang lebih higienis karena selalu disimpan dalam botol sehingg tidak gampang tercemar. Tapi, nilai efisien sabun cair dapat menyusut jika botol digabung sama air saat sabun sisa sedikit.

"Tidak boleh sabun cair ditambahkan air, dioplos itu tidak bagus karena resiko kuman tumbuh di air. Sabun yang telah ditambahkan air, fokusnya turun . Maka tidak boleh mengoplos tersisa sabun yang tinggal sedikit, apa lagi digunakan berapakah lama. Jika cuma dikocak untuk membersihkan botol itu tidak ada apa-apa," katanya.

Baca Juga: Hindari dan Jangan Konsumsi 6 Makanan Ini Karena Bisa Sebabkan Kanker Usus

Sementara kekurangan sabun tangkai bisa juga jadi sarang bertumbuhnya kuman jika sabun tergenangi air. Menurut dokter Titi, sabun tangkai selalu harus pada kondisi kering walau telah digunakan berkali-kali.

Sabun tangkai untuk mandi bisa dipakai untuk membersihkan tangan. Dokter Titi sampaikan, tidak jadi masalah untuk membandingkan ke-2 nya.

"Yang perlu sebenarnya penyeleksian dari sabun itu. Ada sabun yang keras hingga kemudian kulit terkupas, itu resiko untuk yang dermatitis atau masalah kulit jangan digunakan untuk membersihkan tangan," katanya.

Baca Juga: Tes Kepribadian, Tebak Gambar Tentukan Seberapa Inovatif Kamu?

"Jika mandi kan cuma satu hari 2x, tetapi jika bersihkan tangan berulang-kali. Menjadi lebih baik tentukan sabun yang halus di kulit, hingga tangan tidak ada dermatitis atau alergi dari sabun," anjurannya.

Editor: Nanang Habibi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Atasi Sakit Perut Secara Alami

Senin, 30 Mei 2022 | 12:55 WIB

Langkah Memutihkan Gigi Secara Alami

Jumat, 20 Mei 2022 | 13:44 WIB

Ini Penyebab Jerawat di Jidat atau Dahi

Selasa, 17 Mei 2022 | 19:31 WIB

Lebih Higenis Mana Sabun Batang vs Sabun Cair

Minggu, 15 Mei 2022 | 13:32 WIB

Tes Kepribadian, Kamu Sosok Positif atau Tidak?

Jumat, 13 Mei 2022 | 07:39 WIB
X