• Kamis, 1 Desember 2022

Jangan Gosok Gigi Sesudah Makan, Begini Penjelasan Dokter

- Selasa, 17 Mei 2022 | 15:51 WIB
Banyak orang berasumsi jika bersihkan gigi semestinya ialah sesudah gigi kotor atau selesai makan. Walau terlihat logis, rupanya asumsi itu salah dari segi klinis (freepik)
Banyak orang berasumsi jika bersihkan gigi semestinya ialah sesudah gigi kotor atau selesai makan. Walau terlihat logis, rupanya asumsi itu salah dari segi klinis (freepik)

IDPOST.CO.ID - Banyak orang berasumsi jika bersihkan gigi semestinya ialah sesudah gigi kotor atau selesai makan. Walau terlihat logis, rupanya asumsi itu salah dari segi klinis.

Hal tersebut disingkap dengan seorang dokter umum di Inggris, Dr Alex George. Baru saja ini, dalam video uploadnya di TikTok, dokter sekalian Duta Kesehatan Psikis Pemuda Inggris itu mengingatkan jika menggosok gigi di saat tertentu bisa beresiko untuk gigi.

Dalam sebuah video yang dibagi ke 812.800 penganutnya, dr Alex menerangkan, logis untuk menggosok gigi sesudah makan atau makan pagi. Tetapi itu salah.

Baca Juga: IDI Sebut Airlangga Hartarto Sosok Figur Sentral Penanganan Covid-19

Argumennya ialah saat makan, mulut jadi asam. Menggosok gigi sesudah makan memiliki arti menyikat keasaman itu ke e-mail gigi.

"(Ini) jelek untuk gigi Anda," kata dr Alex, seperti dikutip Kilat.co.uk.

Sebagai tukarnya, dr Alex benar-benar merekomendasikan untuk menggosok gigi saat sebelum makan pagi, biarkan bahan aktif dalam odol menolong membuat perlindungan gigi dari keasaman yang menghancurkan.

Baca Juga: Kepuasan Jokowi Merosot Drastis Dinilai Jadi Cerminan Kekecewaan Ibu-ibu

Maka, yang terbaik ialah menggosok gigi selekasnya sesudah bangun pada pagi hari dan saat sebelum pergi tidur.

Sesudah lulus dengan gelar kedokteran pada 2015, dr Alex bekerja di departemen genting di University Hospital Lewisham di London, yang dia meninggalkan pada 2020 menjadi dokter umum. Dengan beberapa penganut di sosial media, ia sudah tampil di beberapa acara tv dan rutim membuat video pembelajaran di TikTok.

Seirama, dokter gigi Shan Lam BDS dari Holland Park Dental mengingati jika penting menggosok gigi pada pagi hari. Sepanjang malam dan saat tidur, pengendapan bakteri terkumpul di gigi dan kantong gusi.

Baca Juga: 5 Daftar Film Terhoror dan Teraris di Tanah Air

Disamping itu, orang yang condong tidur dengan mulut terbuka akan keringkan gigi, membuat mulut kekurangan air liur yang penting. Perkembangan bakteri ini sebagai kontribusi yang berarti, bukan hanya untuk kerusakan gigi tapi juga penyakit gusi.

Selainnya menggosok gigi, pribadi harus memakai obat kumur berfluoride saat sebelum tinggalkan rumah. Ini menjadi perlakuan penangkalan extra untuk singkirkan bakteri.

Untuk mereka yang kesusahan menggosok gigi pada pagi hari, Holland Park Dental mereferensikan untuk menanti di antara 30 sampai 60 menit supaya kesetimbangan pH (derajat keasaman) mulut ternetralisir saat sebelum menggosok gigi.

Baca Juga: Tes Kepribadian, Kamu Sosok Positif atau Tidak?

Opsi makanan makan pagi seorang kemungkinan tentukan berapakah beberapa waktu yang perlu mereka pinggirkan saat sebelum menggosok gigi.

Banyak produk makan pagi memiliki kandungan kandungan gula yang tinggi sekali yang bisa memberi "dorongan" pagi, tapi juga memiliki arti jika pribadi mengawali hari dengan gigi yang dilapis gula.

Kebalikannya Holland Park Dental mereferensikan sereal atau telur bebas gula, baik direbus atau dadar. Anjuran tambahan terhitung, tidak menambah yoghurt gula dan menghindar madu sampai keju.

Baca Juga: Bikin Merinding, Ini Cerita Lengkap Film KKN di Desa Penari Versi Nur

Menggosok gigi harus dijauhi sesudah makan suatu hal yang asam. Untuk mereka yang mempunyai penimbunan karies pada gigi--kondisi yang umumnya disebabkan karena makanan asam, permasalahan selanjutnya seperti penyakit gusi, abses gigi, dan kerusakan gigi.

Untuk beberapa orang, kerusakan gigi bisa mengakibatkan:

- Sakit gigi, baik merasa sakit yang terus-terusan membuat Anda selalu terlindungi atau merasa sakit yang tajam kadang-kadang tanpa pemicu yang terang

- Sensitivitas gigi, kemungkinan seperti ngilu atau sakit saat makan atau minum suatu hal yang panas, dingin dan manis

Baca Juga: Test Kepribadian dengan Kunci Hp, Anda Pakai Pin, Pola Atau Sidik Jari

- Bercak-bercak abu-abu, cokelat atau hitam ada di gigi

- Berbau napas

- Merasa tidak nikmat di mulut

Kerusakan gigi benar-benar biasa terjadi pada anak-anak . Maka, penting untuk menjaga gigi dan gusi semenjak umur muda. Beberapa opsi pola hidup yang nampaknya simpel bisa menolong menahan kerusakan gigi, terhitung:

Halaman:

Editor: Nanang Habibi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalani Hubungan dengan Sahabat Rentan Kandas

Kamis, 15 September 2022 | 13:12 WIB

dr. Zaidul Akbar Sebut Pisang Bisa Sembuhkan Kanker

Senin, 5 September 2022 | 18:18 WIB

Kumpulan Promo Brand Lokal Elektronik

Minggu, 21 Agustus 2022 | 11:30 WIB

Alasan Kenapaa Pria Harus Jaga Penampilan

Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:44 WIB

Ternyata Kulit Bawang Banyak Manfaatnya

Minggu, 31 Juli 2022 | 07:41 WIB

Tips Memperbaiki Hubungan Akibat Perselingkuhan

Kamis, 7 Juli 2022 | 07:25 WIB

Tips Atasi Sakit Perut Secara Alami

Senin, 30 Mei 2022 | 12:55 WIB

Langkah Memutihkan Gigi Secara Alami

Jumat, 20 Mei 2022 | 13:44 WIB

Ini Penyebab Jerawat di Jidat atau Dahi

Selasa, 17 Mei 2022 | 19:31 WIB

Terpopuler

X