• Sabtu, 4 Desember 2021

Terima Kunjungan Menlu Malaysia, Jokowi Sebut Jalinan Harus Diperingatkan

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 11:45 WIB
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Malaysia (BPMI/Satpres)
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Malaysia (BPMI/Satpres)

IDPOST.CO.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi terima lawatan kehormatan Menteri Luar Negeri Malaysia Dato' Saifuddin Abdullah di Istana Merdeka pada Senin, 18 Oktober 2021.

Dalam tatap muka itu, Presiden menjelaskan Malaysia ialah tetangga dekat Indonesia dan jalinan ke-2 negara penting untuk selalu dipertingkat.

"Indonesia dan Malaysia akan terus tingkatkan kerja-sama. Tidak untuk kebutuhan bilateral kita tetapi untuk perdamaian dan kesejahteraan Teritori," sebut Presiden.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Sebut Go Digitalisasi Sulusi Ekonomi Ditengah Pandemi

Sesudah tatap muka, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang ikut datang menemani Presiden menjelaskan ke Agen Jurnalis, Media, dan Info Sekretariat Presiden jika PM Malaysia Dato' Sri Ismail Sabri Yakoob berencana akan bertandang ke Indonesia bulan November mendatang.

Presiden Jokowi, sebut Retno, menyongsong baik gagasan kehadiran PM Sabri. Lawatan memperlihatkan kuatnya jalinan ke-2 negara dan akan dipakai bukan saja mengulas jalinan bilateral tetapi desas-desus teritori dan global.

Dalam tatap muka, Presiden sampaikan jika ke-2 negara perlu untuk memulai menyiapkan perjalanan yang aman terhitung untuk pebisnis, tentu saja dengan terus memerhatikan factor kesehatan dan keadaan covid.

Baca Juga: Belajar Ikhlas dan Rendah Hati, Syekh Ali Jaber: Kita ini manusia, tidak ada yang dapat mempertanggungkan hati

Oleh karenanya, sebut Retno, Presiden Jokowi menginginkan dalam lawatan PM Malaysia, ke-2 faksi bisa disetujui penataan koridor perjalanan (travel corridor arrangement), sama-sama pernyataan sertifikat vaksin, dan sama-sama mengenal mekanisme yang digunakan ke-2 negara (di Indonesia: PeduliLindungi).

Disamping itu, dalam tatap muka itu, Presiden Jokowi mengutamakan kembali keutamaan rumor perlindungan WNI di Malaysia dan terus akan memberi perhatian pada rumor itu.

Halaman:

Editor: Nanang Habibi

Sumber: Setpres RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X