• Sabtu, 4 Desember 2021

Indonesia Menang di Piala Thomas 2020 Tanpa Kibarkan Bendera Merah Putih. Ini alasannya

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:44 WIB
Foto bersama saat meraih piala Thomas cup 2020 (@Badminton World Federation, instagram)
Foto bersama saat meraih piala Thomas cup 2020 (@Badminton World Federation, instagram)

IDPOST.CO.ID Pada babak final piala Thomas Cup 2020, Indonesia berhasil menang melawan China dengan skor 3-0 yang berlangsung di Ceres, Arena, Aarthus, Denmark.

Namun, kejuaraan ini terasa kurang karena bendera yang dikibarkan bukanlah bendera Merah Putih melainkan benderan PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia).

Hal ini terjadi dikarenakan Badan Antidoping Dunia (WADA) memberikan sanksi kepada Indonesia yang dianggap tidak patuh untuk memenuhi standar soal tes doping yang telah ditentukan kepada para atlet.

Baca Juga: Arab Saudi Buka Umrah untuk Indonesia, DPR RI: Prosedur Kesehatan Harus Diprioritaskan

WADA sendiri merupakan badan yang mengawasi penggunaan obat-obatan atau doping pada atlet-atlet di tiap negara.


Adapun sanksi yang diberikan oleh WADA kepada Indonesia antara lain:

1.Meskipun Indonesia menjadi juara namun dilarang untuk memutar lagu Indonesia Raya dan mengibarkan bendera merah putih baik di podium Thomas Cup 2020, kejuaraan regional, kontinental, internasional, dan acara serupa yang diselenggarakan oleh major event organizations kecuali di Pertandingan Olimpiade dan Paralimpiade.

2. Selama masa penangguhan, Indonesia juga dilarang menjadi tuan rumah kejuaraan regional, kontinental dan internasional. Namun, para atlet masih tetap diizinkan untuk mengikuti kompetisi.

3. Indonesia juga diberikan sanksi untuk segera melakukan tindakan perbaikan pengujian atau tes doping dan akan diawasi oleh pihak ketiga yang disetujui.

Halaman:

Editor: Nanang Habibi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X