• Kamis, 2 Desember 2021

Pulau Madura dikenal Kepulauan yang Mempunyai Adat yang Unik, ini Ciri-cirinya

- Minggu, 21 November 2021 | 01:28 WIB
Peta Kepulauan Madura (Wikipedia)
Peta Kepulauan Madura (Wikipedia)

IDPOST- Pulau madura merupakan nama pulau yang berada di Provinsi Jawa timur (Jatim) dengan luas kurang lebih sekitar 5.168 km². Pulau ini memiliki 4 Kabupaten diantaranya Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sumenep.

Untuk menuju ke Pulau madura ini, dulu harus melalui dua jalur yaitu jalur laut dan jalur udara. Namun untuk saat ini, bisa melalui jalur darat yaitu jembatan Surabaya-Madura (Suramadu).

Jembatan Suramadu dilaksanakan pada tahun 2003 yang disahkan oleh Presiden Megawati Soekarno putri. Sedangkan pembukaannya disahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Awalnya untuk melintasi jembatan Suramadu dikenakan tarif dan saat ini sudah bisa dilalui secara gratis.

Baca Juga: Lowongan Kerja Terkini November 2021, Sebagai Pramugari dan Pilot di PT Pelita Air Service

Idpost mengutip Wikipedia, Orang Madura pada dasarnya adalah orang yang suka merantau karena keadaan wilayahnya yang tidak baik untuk bertani. Orang Madura juga senang berdagang, terutama besi tua dan barang-barang bekas lainnya.

Selain itu banyak yang bekerja menjadi nelayan dan buruh, serta beberapa ada yang berhasil menjadi Teknokrat, Birokrat, Menteri atau Pangkat tinggi di dunia militer.

Suku Madura terkenal karena gaya bicaranya yang blak-blakan, masyarakat Madura juga dikenal hemat, disiplin, dan rajin bekerja keras atau dengan istilah (abhantal omba' asapo' angen, Red: Madura).

Baca Juga: Lowongan Kerja Terkini November 2021, di PT Kino Indonesia Sebagai Business Manager

Tidak kalah penting dalam kehidupan masyarakat Madura yaitu menjaga harga diri. Karena orang Madura memiliki Falsafah etembang pote mata, ango'an pote tolang (ketimbang putih mata, lebih baik putih tulang).

Masyarakat Pulau Madura juga mempunyai Adat yang unik, hasil penulusuran idpost mengutip dari Brainly.co.id diantaranya:

Halaman:

Editor: Junaidi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Varian Omicron Ancam Indonesia Jelang Nataru

Rabu, 1 Desember 2021 | 01:00 WIB
X