• Kamis, 2 Desember 2021

Mengenang Kembali Sosok Pahlawan Nasional Laksamana TNI R.E.Martadinata

- Minggu, 21 November 2021 | 13:26 WIB
Foto Pahlawan Laksamana TNI R. E. Martadinata merupakan tokoh ALRI dan juga seorang Pahlawan Nasional. Ia menggalang persatuan serta kekuatan demi menyongsong kemerdekaan (@Kemhan/Instaram)
Foto Pahlawan Laksamana TNI R. E. Martadinata merupakan tokoh ALRI dan juga seorang Pahlawan Nasional. Ia menggalang persatuan serta kekuatan demi menyongsong kemerdekaan (@Kemhan/Instaram)

IDPOST.CO.ID Laksamana TNI R. E. Martadinata merupakan tokoh ALRI dan juga seorang Pahlawan Nasional. Ia menggalang persatuan serta kekuatan demi menyongsong kemerdekaan RI.

Dilansir oleh IdPost.co.id dari akun resmi Instagram Kementrian Pertahanan Nasional (Kemhan) RI @Kemhan. Perjuangannya dalam melawan penjajah sebagian besar selalu berhasil di beberapa kota di Indonesia.

Karena pengabdiannya untuk negeri ini, namanya pun diabadikan menjadi nama kapal perang Sigma Frigate Terbaru Indonesia, yakni KRI Raden Eddy Martadinata – 331.

Baca Juga: Mengenang Kembali Sosok Jenderal Besar Soedirman Pahlawan Nasional

Sejarah singkat

Terlahir dengan nama lengkap Raden Eddy Martadinata atau lebih dikenal dengan nama R. E. Martadinata, ia lahir di Bandung pada tanggal 29 Maret 1921. la masuk pendidikan Sekolah Tinggi Pelayaran (STP) Jakarta.

Pada tanggal 10 September 1945 Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut Pusat terbentuk di Jakarta. M. Pardi dipilih sebagai pimpinan BKR-Laut Pusat dan ia sendiri ditunjuk sebagai pimpinan BKR-Laut Banten. Tugasnya ialah membendung merembesnya tentara Serikat ke Jawa Barat

Baca Juga: Momen Peringatan Hari Pahlawan, Ingatkan Artis Asri Welas Untuk Terus Merawat Orang Tua

Banyak sekali kontribusi yang telah diberikannya untuk ALRI sehingga ia diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), 17 Juli 1959.

Halaman:

Editor: Ahmad Khoirudin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Varian Omicron Ancam Indonesia Jelang Nataru

Rabu, 1 Desember 2021 | 01:00 WIB
X