• Kamis, 2 Desember 2021

Sejarah Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Diperingati Setiap 25 November

- Senin, 22 November 2021 | 20:11 WIB
Soekarno Mencanangkan Indonesia Buta Huruf Bertujuan Rakyat Indonesia Gemar Membaca (perpusnas.go.id)
Soekarno Mencanangkan Indonesia Buta Huruf Bertujuan Rakyat Indonesia Gemar Membaca (perpusnas.go.id)

IDPOST.CO.ID - Sebentar lagi seluruh masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada Kamis 25 November 2021.

Seperti diketahui, peringatan Hari Guru Nasional 25 November 2021 kali ini mengangkat tema “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

Peringatan Hari Guru Nasional 25 November 2021 kali ini sekaligus juga diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 76.

Lalu bagaimana sejarah Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November?. Sejarah Hari Guru Nasional tentu tidak lepas dari perjuangan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam memperjuangkan pendidikan masyarakat pribumi sejak era kolonial Belanda.

Baca Juga: Peringatan Hari Guru Nasional 2021 dan HUT PGRI 76: Berikut Pedoman dari Kemendikbud

Untuk mengenang jasa tersebut, pemerintah menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional seperti termaktub dalam Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Sebagaimana dilansir IdPost.co.id dari laman resmi pgridki.or.id, Sejarah Hari Guru Nasional diawali dari semangat kebangsaan Indonesia telah lama tumbuh di kalangan guru-guru bangsa Indonesia.

Organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman Belanda berdiri pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Baca Juga: Kumpulan Kata-kata Bijak untuk Peringati Hari Guru Nasional Tahun 2021

Halaman:

Editor: Malik Naharul Basyir

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Varian Omicron Ancam Indonesia Jelang Nataru

Rabu, 1 Desember 2021 | 01:00 WIB
X