• Kamis, 2 Desember 2021

Kemnaker Siap Laksanakan Aplikasi Keuangan Di Unit Kerja Kemnaker

- Selasa, 23 November 2021 | 15:04 WIB
Kemnaker Siapkan Implementasi SAKTI di Unit Kerja Kemnaker (@Kemnaker/Instagram)
Kemnaker Siapkan Implementasi SAKTI di Unit Kerja Kemnaker (@Kemnaker/Instagram)

IDPOST.CO.ID Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi, mulai menyosialisasikan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) di ruang Tridharma, Kemnaker, Jakarta.

Melalui sistem SAKTI ini, Anwar Sanusi berharap seluruh pegawai di lingkungan Kemnaker melakukan perubahan mindset dalam melakukan pencatatan transaksi secara reguler dengan penginputan pada periode terjadinya transaksi.

"Setiap pengawas perlu bukti, karena itu kami sangat berharap dan tekankan, setiap apa yang kita lakukan itu catat! Prinsipnya, do what you write, write what you do, kerjakan apa yang kamu tulis, tulis apa yang kamu kerjakan," ujar Anwar Sanusi dalam sambutan sekaligus arahan sosialisasi implementasi SAKTI pada Kemnaker.

Baca Juga: Lowongan Kerja Tekini November 2021 Sebagai Staff Tax Di Surabaya

Dilansir oleh IdPost.co.id dari akun resmi Instagram @Kemnker 23 November 2021 pukul 15.00 WIB. Anwar Sanusi menambahkan, dengan sistem SAKTI ini, Kemnaker akan lebih cepat untuk melakukan diagnosa awal apabila ada hal-hal tidak sesuai,'ujarnya

"Selain pencatatan transaksi, ada tiga hal lain yang perlu disiapkan agar dapat memastikan bahwa Kemnaker ini betul-betul tingkat ridiculous sudah sangat tinggi untuk dapat mengaplikasikan SAKTI ini pada unit kerja,"imbuh Anwar Sanusi.

Baca Juga: Aspek Keselamatan Kesehatan Menjadi Prioritas Kemnaker dalam Meningkatkan Produktivitas

Tiga hal yang dipersiapkan sebagaimana disampaikan Anwar Sanusi tersebut adalah pertama, infrastruktur sarana dan prasarana, persiapan PC dan laptop yang sesuai dengan spesifikasi, dan kebutuhan jaringan internet yang lancar. Kedua, Sumber Daya Manusia (SDM), yakni penunjukan SDM yang memiliki kompetensi, serta memperhatikan kebijakan rotasi pegawai pada periode kritis.

Ketiga, peningkatan kompetensi SDM secara berkelanjutan. "Peningkatan komptensi secara berkelanjutan baik secara mandiri atau mengadakan pelatihan dengan bekerja sama pada unit pembina internal (Biro Keuangan dan BMN/PPSDM) dan eksternal (Kementerian Keuangan)," kata Anwar Sanusi.

Halaman:

Editor: Ahmad Khoirudin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Varian Omicron Ancam Indonesia Jelang Nataru

Rabu, 1 Desember 2021 | 01:00 WIB
X