• Senin, 17 Januari 2022

Menaker Ida Fauziyah Ingatkan Generasi Muda Perkuat Literasi Digital, Ini Sebabnya 

- Rabu, 1 Desember 2021 | 13:27 WIB
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengingatkan generasi muda untuk memperkuat literasi digital (Ida Fausiyah Menteri Kemnaker RI @Ida Fauziyah/Instagram)
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengingatkan generasi muda untuk memperkuat literasi digital (Ida Fausiyah Menteri Kemnaker RI @Ida Fauziyah/Instagram)

IDPOST.CO.ID Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengingatkan generasi muda untuk memperkuat literasi digital.

Hal ini diperlukan agar generasi muda dapat memaksimalkan potensinya dengan mendukung perkembangan teknologi dan informasi.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah menilai revolusi digital yang dipercepat oleh pandemi membuat pekerjaan sangat fleksibel dari segi waktu dan lokasi.

Baca Juga: Peringati Hari Migran Internasional, Kemnaker Adakan Lomba Video Puluhan Jutaan Rupiah

Menurutnya, perubahan ini telah mengganggu perilaku industri dan pekerja, menciptakan tatanan baru di dunia kerja.

"Sehingga literasi digital menjadi syarat mutlak skills yang harus dikuasai pada saat ini dan di masa depan," kata Menaker Ida saat menyampaikan Kuliah Umum di Politeknik Industri Logam Morowali, Sulawesi Tengah.

Berdasarkan laporan McKinsey tahun 2019 tentang otomasi dan masa depan pekerjaan di Indonesia, diproyeksikan bahwa sebanyak 23 juta lapangan pekerjaan yang diproyeksikan hilang digantikan dengan proses otomasi dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.

Baca Juga: Lowongan Kerja Terkini Desember 2021 Menjadi Kasir di Martabak Premier di Kota Blitar

"Sementara itu diproyeksikan ada 27 hingga 46 juta pekerjaan baru pada tahun 2030. diperkirakan juga ada 6-29 juta orang atau 20 persen dari Angkatan kerja akan membutuhkan pelatihan skill agar bisa memenuhi pertumbuhan permintaan pekerjaan baru ini," katanya.

Halaman:

Editor: Ahmad Khoirudin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Surat Nasehat Pulus Untuk Para Jemaat

Senin, 10 Januari 2022 | 16:23 WIB
X