• Senin, 17 Januari 2022

Presidensi G20 Indonesia Resmi Dimulai, Jokowi: Ini Sebuah Kepercayaan dan kehormatan Bagi Indonesia

- Kamis, 2 Desember 2021 | 14:29 WIB
G20 Indonesia (Akun twitter Kementrian Kominfo)
G20 Indonesia (Akun twitter Kementrian Kominfo)

IDPOST.CO.ID- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Presidensi G20 Indonesia di Provinsi Bali Rabu, 01 Desember 2021. Menurut Presiden ini merupakan sebuah kepercayaan dan kehormatan bagi bangsa Indonesia.

Indonesia ditunjuk sebagai pemegang Presidensi G20 atau forum kerja sama multilateral 19 negara utama dan Uni Eropa, ini merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan negara-negara besar di dunia bagi Indonesia.

Terpilihnya Indonesia sebagai Presidensi G20 menandakan torehan sejarah baru. Karena ini pertama kalinya Indonesia memegang Presidensi G20 sejak forum G20 ini dibentuk pada tahun 1999.

Baca Juga: Lowongan Kerja Terkini, Desember 2021 Sebagai Credit Marketing Officer di PT Sinar Mitra Sepadan Manado

“Kepercayaan ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi dunia untuk membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih adil, dan berkelanjutan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,” ujar Presiden dikutip dari setkab.co.id

Sejalan dengan itu, Presidensi G20 Indonesia mengusung tema “Recover (pulih), Together (bersama-sama), Recover Stronger (pulih lebih kuat)”. Penyelenggaraan gelaran pertemuan negara-negara G20 di Indonesia ini akan difokuskan pada tiga hal.

“Pertama, penanganan kesehatan yang inklusif. Kedua, transformasi berbasis digital. Ketiga, transisi menuju energi berkelanjutan,” ujarnya.

Baca Juga: Pada Hari AIDS Sedunia, Kepala UPT Puskesmas Larangan Utara: Jangan Ada Lagi Stigma dan Diskriminasi Pada ODHA

Lebih lanjut, Kepala Negara menekankan agar Presidensi G20 Indonesia tidak menjadi sebatas seremonial belaka. Indonesia
mendorong negara-negara G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata.

“Indonesia akan terus mendorong negara-negara G20 menghasilkan terobosan-terobosan besar. Indonesia akan terus mendorong negara-negara G20 membangun kolaborasi dan menggalang kekuatan untuk memastikan masyarakat dunia dapat merasakan dampak positif dari kerja sama ini,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Junaidi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Surat Nasehat Pulus Untuk Para Jemaat

Senin, 10 Januari 2022 | 16:23 WIB
X