• Kamis, 26 Mei 2022

Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila 1 Juni

- Senin, 9 Mei 2022 | 10:51 WIB
Ucapan selamat hari lahir Pancasila 2022
Ucapan selamat hari lahir Pancasila 2022

IDPOST.CO.ID - Setip tahunya warga Indonesia memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni.

Untuk tahun ini 1 Juni jatuh pada hari Rabu. Sedangkan untuk pusat peringatan hari lahir Pancasila di pusatkan di Ende.

Untuk puncak peringatan hari lahir Pancasila apel peringatan hari lahirnya Pancasila 1 Juni Jokowi di Lapangan Pancasila Ende, NTT.

Baca Juga: Bisa Menangkal Penyakit, Ini 3 Makanan Bisa Kurangi Infeksi

Lantas seperti apa sejarah hari lahir Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni.

Dikutip dari laman BPIP hari lahir Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni yang ditandai oleh pidato yang dilakukan oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan).

Pidatonya pertama kali mengemukakan konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.

Baca Juga: Sederet Fakta Tentang Ragil Mahardika Sosok Gay Asal Medan yang Tingal di Jerman

Adapun sejarahnya berawal dari kekalahan Jepang pada perang pasifik, mereka kemudian berusaha mendapatkan hati masyarakat dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dan membentuk sebuah Lembaga yang tugasnya untuk mempersiapkan hal tersebut.

Lembaga ini dinamai Dokuritsu Junbi Cosakai. Pada sidang pertamanya di tanggal 29 Mei 1945 yang diadakan di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), para anggota membahas mengenai tema dasar negara.

Sidang berjalan sekitar hampir 5 hari, kemudian pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas.

Baca Juga: Suka Brondong dan Sering Disebut Hot Mama, Ini Profil Wulan Guritno Pacar Sabda Ahessa

Pada saat itu Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, yakni Sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”.

Untuk menyempurnakan rumusan Pancasila dan membuat Undang-Undang Dasar yang berlandaskan kelima asas tersebut, maka Dokuritsu Junbi Cosakai membentuk sebuah panitia yang disebut sebagai panitia Sembilan.

Berisi Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo.

Baca Juga: Lihat Konser Denny Caknan, Netizen Sebut Wulan Guritno dan Sabda Ahessa Seumuran

Setelah melalui beberapa proses persidangan, Pancasila akhirnya dapat disahkan pada Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.

Pada siding tersebut, disetujui bahwa Pancasila dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah.

Sejara Hari Lahir Pancasila sangat perlu untuk diingat dan yang lebih utama lagi bagaimana kita dapat memaknai Pancasila sebagai dasar Negara dan sebagai landasan berkeperilaku dalam kehidupan bermasyarakat. Semoga bermanfaat.

Editor: Nanang Habibi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puan Pastikan DPR Sahkan Revisi UU PPP Hari Ini

Selasa, 24 Mei 2022 | 10:44 WIB

Asik, Indonesia Dapat Kuota Haji Terbanyak

Sabtu, 21 Mei 2022 | 13:59 WIB
X