• Minggu, 14 Agustus 2022

Lakukan Kunjungan ke 4 Negara, Jokowi Berambisi Damaikan Rusia-Ukraina

- Minggu, 26 Juni 2022 | 13:50 WIB
Presiden Joko Widodo akan lakukan lawatan kerja ke 4 negara untuk jalani beberapa jadwal terhitung mendatangi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman pada 26-28 Juni 2022. (Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo akan lakukan lawatan kerja ke 4 negara untuk jalani beberapa jadwal terhitung mendatangi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman pada 26-28 Juni 2022. (Sekretariat Presiden)

IDPOST.CO.ID - Presiden Joko Widodo akan lakukan lawatan kerja ke 4 negara untuk jalani beberapa jadwal terhitung mendatangi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman pada 26-28 Juni 2022.

Jokowi berangkat dari Bandara Udara Soekarno-Hatta di hari ini, Minggu 26 Juni 2022. Saat sebelum pergi, Jokowi menjelaskan Jerman jadi negara pertama yang hendak didatanginya.

"Pertama, akan ke Jerman untuk mendatangi KTT G7," kata Jokowi saat sebelum keberangkatan, Minggu.

Baca Juga: Nafa Urbach Siapkan Kondom untuk Suaminya Berselingkuh

Jokowi menjelaskan, Indonesia jadi mitra country dalam tatap muka G7 itu. Disamping itu, kehadiran Jokowi dalam komunitas itu sebagai pemegang presidensi G20 tahun 2022.

Sesudah datang di KTT G7 di Jerman, Jokowi akan meneruskan lawatan kerja ke Ukraina. Di situ, Jokowi akan berjumpa dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy dengan visi khusus untuk menengahi perselisihan Ukraina-Rusia.

"Tugasnya ialah ajak Presiden Ukraina, Presiden Zelenskyy untuk buka ruangan diskusi dalam rencana perdamaian, untuk membuat perdamaian," tegasnya.

Baca Juga: Percepat Penangan PMK, Kepala BNPB Terun Langsung ke Jatim

Negara selanjutnya yang hendak didatangi Jokowi ialah Rusia. Di Moskow, Jokowi akan berjumpa dengan Presiden Vladimir Putin dengan visi perdamaian yang serupa.

"Saya akan ajak presiden Putin untuk buka ruangan diskusi dan selekasnya untuk lakukan gencatan senjata dan hentikan perang," ucapnya.

Lawatan kerja 4 negara ini disudahi Jokowi dengan bertandang ke Uni Emirat Arab. Di situ, Jokowi akan mengulas ekonomi dan investasi di antara Indonesia dan UEA. Tidak itu saja, Jokowi akui bawa kebutuhan negara berkembang lain saat ke Abu Dhabi.

Baca Juga: Oknum Pimpinan Pondok di Subang Gagahi Santriwati Sebanyak 10 KaliBaca Juga: Oknum Pimpinan Pondok di Subang Gagahi Santriwati Sebanyak 10 Kali

Sepanjang Presiden Jokowi lakukan lawatan luar negeri, pemerintah akan digerakkan oleh Wakil Presiden (Wakil presiden) Ma'ruf Amin.

Editor: Nanang Habibi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Oknum DPRD Sampang Diduga 'Jotos' Anggota LSM

Rabu, 10 Agustus 2022 | 15:09 WIB
X