• Minggu, 14 Agustus 2022

Mulai 1 Juli 2022, Beli Pertalite Harus Terdaftar di MyPertamina

- Selasa, 28 Juni 2022 | 11:35 WIB
MyPertamina (/Pertamina)
MyPertamina (/Pertamina)

IDPOST.CO.ID - Pemerintahan lewat PT Pertamina akan mengaplikasikan ketentuan baru berkaitan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) Khusus Penempatan (JBKP) atau BBM bantuan seperti Pertalite dan Solar.

Kedepan warga yang ingin memperoleh BBM jenis itu harus tercatat di sistem MyPertamina mulai 1 Juli 2022.

"Kami mempersiapkan web MyPertamina yaitu https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022," tutur Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution.

Baca Juga: Tingkat Kepuasan Kinerja Jokowi Capai 77,8%, Pengamat: Lembaganya tak Terdaftar di KPU dan Dibayar Oligarki

Alfian menjelaskan, registrasi pada mekanisme itu berperan untuk ketahui apa warga dan kendaraannya penuhi persyaratan untuk beli BBM Bantuan itu atau mungkin tidak.

"MyPertamina ini akan menolong kami dalam mencocokan data pemakai," lanjut Alfian.

Selanjutnya, Alfian menjelaskan, nanti warga tak perlu cemas jika tidak mempunyai program MyPertamina, karena registrasi dilaksanakan semua di web MyPertamina https://subsiditepat.mypertamina.id/.

Baca Juga: Anis Baswedan Ubah Nama Jalan, Guntur Romli: Jakarta butuh ganti gubernur bukan nama jalan

Pemakai yang telah lakukan registrasi kendaraan dan identitasnya selanjutnya akan memperoleh pemberitahuan lewat e-mail yang didaftarkan. Pemakai tercatat akan memperoleh QR kode khusus yang memberikan jika data mereka sudah pas dan bisa beli Pertalite dan Solar.

"Yang paling penting yaitu memastikan jadi pemakai tercatat di web MyPertamina, bila semua data telah pas karena itu customer bisa lakukan transaksi bisnis di SPBU dan semua transaksi bisnisnya akan terdaftar secara digital," kata Alfian.

Alfian menambah, faksinya perlu mengenal siapa customer Pertalite dan Solar. Data ini nanti bisa menjadi referensi saat membuat program atau peraturan berkaitan bantuan energi bersama pemerintahan.

Baca Juga: Susul Jungkook, Album Solo J-Hope ‘Jack in the Box’ Rilis Bulan Depan

"Sekalian membuat perlindungan warga yang sekarang ini memiliki hak nikmati bahan bakar bersubsidi," sambungnya.

Sekarang ini Pertamina Patra Niaga terus perkuat infrastruktur dan mekanisme untuk memberikan dukungan program pendistribusian Pertalite dan Solar dengan tepat target ini.

Diperkirakan, eksperimen awalnya akan dilaksanakan di sejumlah kota/kabupaten yang menyebar di lima Propinsi diantaranya Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.

Baca Juga: Tafsir Mimpi Secara Umum Mulai Dikejar hingga Mimpi Kematian

Sudah diketahui, sebagai BBM bersubsidi, pendistribusian Solar dan Pertalite penugasan ini diatur oleh regulasi, diantaranya Peraturan Presiden No. 191/2014 dan Surat Keputusan (SK) BPH Migas No. 4/2020.

Editor: Nanang Habibi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Oknum DPRD Sampang Diduga 'Jotos' Anggota LSM

Rabu, 10 Agustus 2022 | 15:09 WIB
X