• Minggu, 14 Agustus 2022

Heboh Bule sobek Al Quran: Emang Kenapa?

- Rabu, 29 Juni 2022 | 07:21 WIB
Bule sobek Al Quran
Bule sobek Al Quran

IDPOST.CO.ID - Seorang YouTuber pemilik saluran Apostate Prophet memetik hujatan khalayak karena memperlihatkan laganya menyobek Al Quran.

YouTuber namanya Ridvan Aydemir itu mengupload sebuah video dengan judul "Why I am Ripping Apart the Quran" atau bila ditranslate ke bahasa Indonesia memiliki arti "Kenapa saya menyobek-robek Al Quran".

Dalam video yang diupload pada 26 Agustus itu, Ridvan menyebutkan laganya sebagai wujud protes pada perkataan Ali Dawah yang menjelaskan jika beberapa orang yang tinggalkan Islam memiliki hak dilakukan.

Baca Juga: Gunakan Sabu, Mantan Model Majalah Dewasa DJ Joice Ditangkap Saat Hendak Perform

Menyadur dari Suara.com, Ridvan dahulunya sebagai seorang pengikut agama Islam. Dia berpedoman saluran Islam Sunni.

Ridvan lahir dari keluarga Turki yang tinggal di Jerman. Dia masih pelajari Islam dan ideologi yang lain, hingga hal tersebut yang disinyalir membuat berlaku skeptis pada Islam dan pada akhirnya memutuskan untuk tinggalkan agama.

Ridvan mengupload video memiliki durasi 6 menit itu dengan mengikutsertakan Youtuber lain yaitu David Wood.

Baca Juga: Tingkat Kepuasan Kinerja Jokowi Capai 77,8%, Pengamat: Lembaganya tak Terdaftar di KPU dan Dibayar Oligarki

Pada menit pertama, Ridvan telah menyobek lembar pertama Al Quran yang membuat David Wood memperlihatkan gestur keterkejutannya.

Pada menit seterusnya, Ridvan kembali menyobek beberapa lembar kembali dan meremas lembar itu.

Tindakan robek Al-Qur'an oleh pemilik account Apostate Prophet itu disebutkan sebagai wujud ‘protes' pada perkataan Ali Dawah. Dalam caption-nya, sang pemilik saluran tuliskan pesan sebagai berikut.

Baca Juga: Cara Daftar MyPertamina untuk Beli Pertalite dan Solar

"Tindakan ini dilaksanakan sebagai tanggapan pada Ali Dawah yang dengan terbuka menjelaskan jika saya, dan beberapa orang yang tinggalkan Islam dan berbicara mengenai itu, pantas untuk dilakukan dengan hukum Islam, jika beberapa muslim akan melihatnya dengan senang. Beberapa muslim apologists yang lain sudah sepakat dan menyetujui hal itu. Tidak dapat orang terima hal seperti itu sebagai kelumrahan. Apa menyobek Quran betul-betul tambah jelek dibanding ajakan untuk membunuh orang karena tidak lagi memercayai satu agama?"

Video itu sudah memetik protes keras dari khalayak sampai mendapatkan 40 ribu dislikes, jumlah yang 3x lipat semakin besar dibanding beberapa orang yang menyenanginya.

Baca Juga: Miyabi Bongkar Sisi Gelap Dibalik Industri Film Dewasa: mereka cuma ingin berhubungan seksual

Sebuah pergerakan memberikan laporan account Apostate Prophet tersebar di sosial media Twitter. Tetapi, sampai informasi ini di turunkan tidak ada perlakuan apa saja yang memperlihatkan pertanda jika account itu sudah dikasih peringatan oleh YouTube.

Modern, Ridvan selanjutnya mengupload video keinginan maafnya lewat saluran yang serupa. Lewat video dengan judul "Sorry for Ripping Up the Quran!", Ridvan menerangkan argumen dibalik laganya yang memetik pro-kontra.

"Saya meminta maaf kesemua orang yang tersinggung oleh aksiku menyobek Al Quran. Saya menyobeknya karena seorang apologis muslim memerintah supaya saya dibunuh, orang yang tinggalkan Islam harus dilakukan. Dan yang saya kerjakan secara menyobek Al Quran untuk menanyakan apa itu jelek atau malah sukses. Saya tidak sepakat dengan memberi hukuman, menyelesaikan, membunuh orang karena hanya orang itu tidak yakin suatu hal atau memercayai suatu hal yang lain," kata Ridvan dalam verifikasinya.

Baca Juga: Wirda Mansur Ngaku Pernah Ketemu BTS, Netizen: Halunya lancar sekali ya

Walau telah mengutarakan keinginan maafnya, tetapi tindakan Ridvan dipandang kelewatan dan masih tersisa protes dari netizen yang banjiri kolom komentarnya.

"+62 Yok kita sama report ini kanal. Ia telah berbuat tidak etis agama Islam atau agama kita," catat seorang netizen Indonesia.

"Kalian cuma menyobek Al Qur'an tetapi firman Allah masih tetap ada di hati kami, Al Qur'an yang kalian robek tidak turunkan semangat kami dalam siarkan kebaikan. Apa yang kalian kerjakan tidak membuat Islam hancur dan kalian cuma membuat diri kalian nahas. Mudah-mudahan Allah membuat kalian yakin akan firman-Nya dan membuat kalan menyukai Al Quran," tambah netizen lain.

Editor: Nanang Habibi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Oknum DPRD Sampang Diduga 'Jotos' Anggota LSM

Rabu, 10 Agustus 2022 | 15:09 WIB
X