• Minggu, 14 Agustus 2022

Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Puan Maharani: Saya Kehilangan Senior

- Jumat, 1 Juli 2022 | 14:09 WIB
\\\Puan Maharani sampaikan berkabung atas berpulangnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo. (Ahmad Hafidz Zaini)
\\\Puan Maharani sampaikan berkabung atas berpulangnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo. (Ahmad Hafidz Zaini)

IDPOST.CO.ID - Ketua DPR Puan Maharani sampaikan berkabung atas berpulangnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo.

Tjahjo wafat sesudah jalani perawatan intens di RS Abdi Waluyo Jakarta.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Saya kehilangan salah satunya senior yang punya pengaruh untuk perjalanan profesi politik saya sampai ini hari. Ikut bersedih cita yang sedalam-dalamnya untuk sanak keluarga yang ditinggal. Mudah-mudahan beliau husnul khatimah," tutur Puan.

Baca Juga: Heboh Bule sobek Al Quran: Emang Kenapa?

Di mata Puan, Tjahjo sebagai figur politisi yang masak sekalian senior yang banyak memberikan panutan dan pelajaran untuk beberapa juniornya, terhitung dianya. Bahkan juga, Puan memandang Tjahjo seperti keluarganya sendiri.

"Saya benar-benar bersedih, Pak Tjahjo telah seperti keluarga sendiri. Saya panggil beliau ‘Om' karena telah mengenal beliau semenjak saya kecil sebagai rekan orangtua saya. Bahkan juga anak-anak juga panggil beliau dengan panggilan eyang," bebernya.

Ketua DPP PDIP itu kenang kembali Tjahjo sebagai figur senior yang simpel, tenang dan mempunyai kepandaian emosi dan religiusitas yang tinggi.

Baca Juga: Pertanda Kamu Telah Berserah dan Takut Jatuh Hati Lagi

"Saat PDI Perjuangan di luar pemerintah, kebenaran Om Tjahjo Sekjen Partai sekalian Ketua Fraksi di DPR. Benar-benar ketenangan dan kematangan berpolitik Om Tjahjo benar-benar kelihatan saat kami yang saat itu ada di luar pemerintah harus ambil beberapa keputusan penting," ingatnya.

Puan juga terpikir bagaimana Tjahjo terus menemaninya saat masih memegang Ketua Fraksi PDIP DPR pada masa 2012 kemarin.

"Saat saya gantikan pekerjaan Om Tjahjo sebagai Ketua Fraksi, beliau masih tetap menemani saya di awal mula. Bahkan juga ruang beliau menyengaja berhadap-hadapan dengan ruang saya, supaya selalu cepat koordinir mengenai sikap fraksi yang waktu itu benar-benar penting," kata Puan.

Editor: Nanang Habibi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Oknum DPRD Sampang Diduga 'Jotos' Anggota LSM

Rabu, 10 Agustus 2022 | 15:09 WIB
X