• Kamis, 2 Desember 2021

Indonesia Memperkenalkan Kebijakan Perdagangan Karbon untuk Mengurangi Penggunaan Emisi

- Selasa, 23 November 2021 | 20:37 WIB
Presiden Indonesia Joko Widodo berbicara pada pertemuan selama Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26) di Glasgow, Skotlandia, Inggris, 2 November 2021.  (Instagram @jokowi)
Presiden Indonesia Joko Widodo berbicara pada pertemuan selama Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26) di Glasgow, Skotlandia, Inggris, 2 November 2021. (Instagram @jokowi)

IDPOST.CO.ID - Pemerintah Indonesia telah memperkenalkan aturan baru tentang perdagangan karbon untuk membentuk mekanisme pasar untuk membantu mencapai target pengurangan gas rumah kaca pada tahun 2030.

Presiden Joko Widodo menandatangani peraturan, yang disebut "the Economic Value of Carbon" atau Nilai Ekonomi Karbon menjelang konferensi COP26 di Glasgow.

Menurut dokumen itu, yang belum dipublikasikan. Dokumen tersebut telah diverifikasi keasliannya oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Baca Juga: BNPT Sebut Jaringan Teroris Jamaah Islamiyah Telah Susupi Lembaga-lembaga Keagamaan dan Sipil Indonesia

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Minta Toilet di Seluruh SPBU Pertamina Harus Gratis!

Peraturan tersebut memperkenalkan pembayaran berbasis hasil, untuk inisiatif yang menghasilkan pengurangan karbon, sebagai instrumen dalam mekanisme perdagangan karbon, di atas pajak karbon yang disahkan parlemen Indonesia bulan lalu.

Dilansir IdPost.co.id dari media luar negeri channelnewsasia.com, perdagangan karbon akan memiliki sistem cap-and-trade di mana tingkat polusi dibatasi dan kelonggaran dapat diperdagangkan oleh badan usaha di dalam negeri dan lintas batas.

Peraturan tersebut menyerukan agar bursa dibentuk untuk memfasilitasi perdagangan.

Baca Juga: Dikabarkan Patah Hati Karena Diselingkuhi Bram Panji, YouTuber Nessie Judge Ungkapkan Kekesalannya di Twitter

Halaman:

Editor: Malik Naharul Basyir

Sumber: channelnewsasia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ibas Ingin Pembangunan Kembali Berkelanjutan

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:40 WIB
X