• Sabtu, 2 Juli 2022

Pengamat Sebut Peluang Ganjar dan Ridwan Kamil Jadi Capres Kecil

- Jumat, 20 Mei 2022 | 17:20 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.  (Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Humas Pemprov Jateng)

IDPOST.CO.ID - Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memang masuk ke bursa Pemilihan presiden 2024.

Tetapi, belakangan ini pemerhati ungkap kesempatan keduanya menang sebagai presiden di Pemilihan presiden 2024 kedepan kecil.

Merilis dari suara.com jaringan IdPost.co.id, perkiraan itu diutarakan oleh Pemerhati Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga.

Baca Juga: Ekspor CPO Diperbolehkan, Jokowi: Tindak Pelaku Penyeleweng Minyak Goreng

Menurut dia, kesempatan Ganjar dan Ridwan Kamil jadi capres atau calon presiden relatif kecil. Hal itu dikarenakan oleh baik Ganjar dan Riwan Kamil belum juga mempunyai partai yang memberikan dukungan mereka.

Jamiluddin mengaminkan bila kepopuleran Ganjar dan Ridwan Kamil sebetulnya tinggi dan pantas jadi calon presiden.

Tetapi, dia sayangkan kepopuleran tinggi keduanya tidak disokong dengan partai pengusung.

Baca Juga: Siapkan Lamaran Pekerjaanmu, Delfi Grup Buka 2 Posisi di Bulan Mei 2022

"Walau jika disaksikan dari kepopulerannya, Ganjar dan Ridwan sebetulnya pantas jadi calon presiden. Keduanya sebetulnya relatif bersaing," kata Jamiluddin pada Rabu 18 Mei 2022.

Karenanya, Jamiluddin malah menyebutkan figur Ganjar dan Ridwan Kamil malah lebih pas isi status sebagai cawapres.

Dia memandang keduanya berkesempatan besar bila jadi calon wakil presiden dalam Pemilu 2024 kedepan.

Baca Juga: Jadwal Timnas MLBB Sea Games 2022, Lengkap Jam Main Indonesia dan Link Live Streaming

"Permasalahannya, Ganjar dan Ridwan tidak punyai perahu yang mengangkatnya jadi calon presiden . Maka, mereka lebih berkesempatan jadi calon wakil presiden," paparnya.

Selanjutnya, Jamiluddin menjelaskan jika Ganjar merupakan kader PDIP. Walau mempunyai partai, tetapi kenyataannya PDIP dipandang akan mengangkat sebagai calon presiden.

Karenanya, Jamiluddin memandang kesempatan Ganjar maju sebagai calon presiden dengan support PDIP telah tertutup pintunya. Berkenaan kesempatan partai lain mengangkat Ganjar, pemerhati pun tidak meyakini.

Baca Juga: Viral di Lampung, Alasan Emak-emak Minta Sumbangan dengan Baju Putih Layaknya Hantu

"Ganjar akan susah digotong Golkar sebagai calon presiden. Karena, Golkar telah memutuskan Ketua Biasanya Airlangga Hartarto sebagai Calon presiden," tutur Jamiluddin.

Dalam pada itu berkaitan Ridwan Kamil, pemerhati memang menyebutkan Bekas Wali Kota Bandung itu mempunyai kedetakan dengan Partai NasDem. Walau begitu, Ridwan Kamil dipandang akan kalang berkompetisi dengan Anies Baswedan bila ingin maju sebagai calon presiden.

"Jadi Ganjar dan Ridwan Kamil nampaknya masih mempunyai kesempatan untuk status calon wakil presiden di kutub Golkar, PPP, PDIP dan lain-lain," ujarnya.

Editor: Nanang Habibi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X