• Kamis, 1 Desember 2022

KPU Sampang Mulai Tahapan Verfak Kepengurusan dan Keanggotaan Parpol, Begini Kerangkanya

- Sabtu, 15 Oktober 2022 | 18:36 WIB
Anggota Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang bagian divisi teknis penyelenggaraan St. Aisah ketika mengisi kegiatan sosisalisasi verifikasi faktual di Aula Hotel Camplong pada Sabtu 15 Oktober 2022. (Junaidi)
Anggota Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang bagian divisi teknis penyelenggaraan St. Aisah ketika mengisi kegiatan sosisalisasi verifikasi faktual di Aula Hotel Camplong pada Sabtu 15 Oktober 2022. (Junaidi)

IDPOST.CO.ID SAMPANG - Anggota Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang Bagian Divisi Teknis penyelenggaraan Siti. Aisah mengatakan teknis pelaksanaan tahapan verifikasi faktual (verfak) kepengurusan dan keanggotaan parpol calon peserta pemilu 2024 yakni dengan membentuk tim dan menggunakan tiga metode.

"Tim verifikator untuk tahapan verifikasi faktual adalah dari internal KPU sendiri, jadi komisioner dan seluruh staf sekretariat KPU. Untuk verifikasi faktual kepengurusan timnya dari komisioner dan sekretaris," jelasnya usai pelaksanaan sosialisasi dan rapat koordinasi di Hotel Camplong pada Sabtu 15 Oktober 2022.

Baca Juga: KPU Sampang, Mulai Tahapan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Parpol Calon Perserta Pemilu 2024

Aisyah kemudian melanjutkan, untuk kepastian jadwal pelaksanaan verifikasi faktual keanggotaan parpol pihaknya masih mau melaporkan ke KPU Provinsi Jatim, sedangkan untuk verifikasi faktual kepengurusan masih menunggu dari KPU RI.

"Maka dari itu kita jadwalkan verfak kepengurusan parpol di tanggal 17 Oktober 2022, setelah KPU RI selesai verifikasi faktual," ujarnya.

Baca Juga: Kabupaten Pamekasan Dinobatkan Sebagai Kabupaten Terinovatif, Wabup Pamekasan Beberkan Rumusnya

Sedangkan untuk verifikasi faktual keanggotaan sesuai dengan PKPU yaitu dengan menggunakan tiga metode yakni dengan mendatangi langsung, meminta hadir ke kantor parpol, jika tidak bisa hadir maka dengan menggunakan video call.

"Jadi LO (petugas partai) bisa memfasilitasi kami untuk bisa bertatap muka dan mengklarifikasi langsung terhadap anggota tersebut terkait status keanggotaannya," tandasnya.

Editor: Junaidi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Putin Tidak Hadiri KTT G20 Bali

Sabtu, 12 November 2022 | 16:59 WIB

Bupati Sampang ucapkan Selamat ke GP Ansor dari Mekkah

Kamis, 22 September 2022 | 20:39 WIB

Terpopuler

X