• Kamis, 1 Desember 2022

Wakil Presiden AS Menyelenggarakan Sesi Darurat Rudal di KTT APEC

- Sabtu, 19 November 2022 | 09:22 WIB
Wakil Presiden AS Kamala Harris berpidato di KTT CEO APEC selama KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Bangkok, 18 November 2022. (Voa.com)
Wakil Presiden AS Kamala Harris berpidato di KTT CEO APEC selama KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Bangkok, 18 November 2022. (Voa.com)

IDPOST.CO.ID INTERNASIONAL- Wakil Presiden A.S. Kamala Harris mengadakan pertemuan darurat kekuatan-kekuatan utama regional pada hari Jumat di sela-sela KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik di Bangkok untuk membahas peluncuran rudal terbaru Korea Utara, yang jatuh 200 kilometer di lepas pantai Jepang.

“Perilaku Korea Utara baru-baru ini merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap berbagai resolusi Keamanan PBB. Ini mengganggu stabilitas keamanan di kawasan, dan meningkatkan ketegangan yang tidak perlu,” kata Harris dalam sambutan singkat kepada pers sebelum bertemu dengan para pemimpin Jepang, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, dan Kanada.

Baca Juga: Ahmad Nawardi Luncurkan Buku Berjudul Parlemen Jalanan ke Parlemen Senayan

Peluncuran itu adalah yang terbaru dari rentetan rudal yang telah diuji coba Korea Utara dalam beberapa pekan terakhir. Pyongyang mengatakan itu adalah "operasi militer yang sesuai" yang bertujuan untuk melakukan serangan simulasi di Korea Selatan dan Amerika Serikat sebagai tanggapan atas latihan udara sekutu berskala besar.

Provokasi Korea Utara terjadi di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik atas perang di Ukraina yang memperburuk masalah rantai pasokan dan tekanan inflasi secara global.

Harris berada di Bangkok sebagai ketua delegasi AS dalam pertemuan anggota APEC, kelompok 21 ekonomi di Asia-Pasifik, yang mandatnya adalah untuk mempromosikan kerja sama dan integrasi ekonomi regional.

Baca Juga: Kelebihan Muatan Truk Gandeng Bermuatan Tebu Terguling, Jalan Blitar - Malang Buka Tutup

“Pesan kami jelas; Amerika Serikat memiliki komitmen ekonomi yang langgeng terhadap Indo Pasifik, yang diukur bukan dalam hitungan tahun tetapi dalam dekade dan generasi,” katanya saat memberikan sambutan di KTT CEO APEC.

Harris berargumen bahwa “tidak ada mitra ekonomi yang lebih baik untuk Indo-Pasifik selain Amerika Serikat” saat dia mendorong Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik yang diluncurkan Washington pada bulan Mei.

Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik

Halaman:

Editor: Junaidi

Sumber: Voa.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Putin Tidak Hadiri KTT G20 Bali

Sabtu, 12 November 2022 | 16:59 WIB

Bupati Sampang ucapkan Selamat ke GP Ansor dari Mekkah

Kamis, 22 September 2022 | 20:39 WIB

Terpopuler

X