• Kamis, 1 Desember 2022

Twitter Menawarkan Langganan Bulanan $7,99 Yang Termasuk Tanda Centang

- Minggu, 6 November 2022 | 12:43 WIB
Dalam ilustrasi ini, sebuah ponsel yang menampilkan akun Twitter Elon Musk diangkat di depan foto dirinya, di Washington, D.C., 14 April 2022 (Voa.com)
Dalam ilustrasi ini, sebuah ponsel yang menampilkan akun Twitter Elon Musk diangkat di depan foto dirinya, di Washington, D.C., 14 April 2022 (Voa.com)

IDPOST.CO.ID INTERNASIONAL-Twitter pada hari Sabtu meluncurkan layanan berlangganan seharga $ 7,99 per bulan yang mencakup centang biru yang sekarang hanya diberikan kepada akun terverifikasi karena pemilik baru Elon Musk merombak sistem verifikasi platform tepat sebelum pemilihan paruh waktu AS.

Dalam pembaruan untuk perangkat Apple iOS, Twitter mengatakan pengguna yang "mendaftar sekarang" dapat menerima centang biru di sebelah nama mereka "sama seperti selebritas, perusahaan, dan politisi yang sudah Anda ikuti." Sejauh ini, akun terverifikasi tampaknya tidak kehilangan cek.

Baca Juga: Bagi yang Selamat dari Perang Tigray di Ethiopia, Gencatan Senjata Membawa Harapan yang Hati-hati

Siapa pun yang bisa mendapatkan centang biru dapat menyebabkan kebingungan dan munculnya disinformasi menjelang pemilihan hari Selasa jika penipu memutuskan untuk membayar langganan dan mengkooptasi nama-nama politisi dan pejabat pemilihan. Seiring dengan PHK yang meluas yang dimulai Jumat, banyak yang khawatir platform sosial yang digunakan lembaga publik, dewan pemilihan, departemen kepolisian, dan outlet berita untuk membuat orang mendapat informasi yang andal dapat menjadi tanpa hukum jika moderasi dan verifikasi konten dihilangkan.

Perubahan tersebut merupakan akhir dari sistem verifikasi Twitter saat ini, yang diluncurkan pada tahun 2009 untuk mencegah peniruan akun profil tinggi seperti selebriti dan politisi. Sebelum perombakan, Twitter memiliki sekitar 423.000 akun terverifikasi, banyak dari mereka adalah jurnalis dari seluruh dunia yang diverifikasi perusahaan terlepas dari berapa banyak pengikut yang mereka miliki.

Baca Juga: Ukraina Gatal Menyerang, Ribuan warga sipil dari dievakuasi ke sisi timur Dnipro

Para ahli telah menyuarakan keprihatinan serius tentang pembaruan sistem verifikasi platform yang, meskipun tidak sempurna, telah membantu 238 juta pengguna harian Twitter menentukan apakah akun yang mereka peroleh informasinya asli atau tidak. Akun terverifikasi saat ini termasuk selebriti, atlet, influencer, dan tokoh masyarakat terkenal lainnya, bersama dengan lembaga pemerintah dan politisi di seluruh dunia, jurnalis dan outlet berita, aktivis, serta bisnis dan merek.

Pembaruan yang dilakukan Twitter untuk versi iOS dari aplikasinya tidak menyebutkan verifikasi sebagai bagian dari sistem centang biru yang baru.

Musk, yang sebelumnya mengatakan bahwa dia ingin "memverifikasi semua manusia" di Twitter, telah menyatakan bahwa tokoh masyarakat akan diidentifikasi dengan cara selain centang biru. Saat ini, misalnya, pejabat pemerintah diidentifikasi dengan teks di bawah nama yang menyatakan bahwa mereka memposting dari akun resmi pemerintah.

Editor: Junaidi

Sumber: Voa.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Rekomendasi Smartphone realme di Bawah 2 Juta

Rabu, 16 November 2022 | 22:19 WIB

Duh Data Pengguna TikTok Diretas dari China

Minggu, 18 September 2022 | 09:22 WIB

Teryata Ini Rahasia Kapasitas Baterai iPhone 14

Jumat, 16 September 2022 | 16:00 WIB

Fitur Dynamic Island di Xiaomi Mirip iPhone 14 Pro

Jumat, 16 September 2022 | 13:17 WIB

Daftar Kode Rahasia Hp iPhone

Jumat, 16 September 2022 | 08:41 WIB

Bocoran Case Ungkap Kehadiran iPhone 14 Plus

Minggu, 10 Juli 2022 | 22:49 WIB

Spesifikasi dan Harga Hendphone Infinix Smart 6 HD

Kamis, 28 April 2022 | 08:31 WIB

Elon Musk Beli Twitter Rp635 Triliun

Selasa, 26 April 2022 | 09:51 WIB

Terpopuler

X